Selasa, 01 Juni 2010

Sejarah Bakso President

Cikal bakal usaha ini bermula dari bakso keliling pada tahun 1977 yang dijalankan oleh Abah Sugito, pendiri dan pemilik Bakso President. Dan menjadi sebuah warung bakso sederhana pada tahun 1982 tepat di belakang Bioskop President Malang. Untuk mempermudah pelanggan mengingat nama warung bakso itu, nama Bioskop President pun dipakainya. Hingga ketika Bioskop President dialih fungsi menjadi Mitra 2 Department Store pada 1990, nama President tetap digunakan sebagai merek bakso yang makin ternama ini. Saking ternamanya, Bakso President pun menjadi satu-satunya restoran bakso yang masuk dalam ‘Google Map’, sebuah situs peta dunia terlengkap yang dimiliki oleh raksasa e-bisnis dunia ‘Google’.

Keinginan Abah Sugito untuk maju dan berkembang tidak berhenti ketika warungnya telah berjalan. Dengan tekun dan teliti, beliau tak pernah lelah untuk melakukan inovasi produk bakso buatannya. Sampai pada akhirnya tercipta berbagai variasi produk seperti saat ini. Karena sebenarnya bakso Malang asli hanya terdiri dari 4 jenis produk, yaitu baso, tahu, siomay basah dan kering… Karena inovasi Abah Sugito itulah Kota Malang pun makin terkenal sebagai pusat bakso di Indonesia. Hingga pedagang bakso lain yang mengikuti dan meniru variasi bakso ciptaannya menjuluki ‘President’ sebagai BAKSO PELOPOR. Oleh sebab itu, mungkin tidaklah terlalu muluk apabila kami pun memakai motto…
PELOPOR BAKSO MALANG ASLI FULL VARIASI…

Tidak semua varian produk yang kami buat dapat ditemui di restoran bakso lain. Karena memang tak semua pedagang mampu meniru produk yang kami miliki. Kalaupun ada yang coba membuat varian sama, maka dapat dipastikan bahwa rasa varian Bakso President tetap yang terbaik dan memiliki ciri khas tersendiri. Dan bila anda tahu...sungguh tak sebanding dengan harga yang kami tawarkan!!

Pada tahap selanjutnya, Abah Sugito tak mau kecolongan terhadap merek ternama yang dimilikinya. Pada 1994 hak merek atas Bakso President pun didaftarkannya secara resmi di Dirjen HAKI. Dan dengan niat untuk mewujudkan impian beliau memiliki cabang usaha diseluruh Indonesia, beliau juga melakukan legalisasi terhadap usaha yang dimilikinya dalam sebuah perseroan. Dengan menggunakan konsep usaha waralaba yang merupakan konsep bisnis terbaik di dunia, beliau sangat yakin bahwa impian itu akan semakin mudah diwujudkan. Apalagi didukung konsultan usaha waralaba sejak tahun 2009 yang membuat beliau semakin siap mengembangkan sayap.

11 komentar:

  1. BAKSO PRESIDENT PULOSARI MEMALUKAN KAMI

    sungguh pengalaman yang sangat menjengkelkan sekali, entah apa yang dipikir karyawan bakso president itu.

    Ceritanya berawal sodara datang dan makan disitu dan mengundang saya, berhubung saya dan istri datang belakangan maka kita beda tempat duduk, setelah pesan makan dan ngobrol sebentar sodara pergi duluan karena ada urusan dan kekasir untuk membayar makanan.

    Setelah selesai makan, saya dan istri pun pergi menuju parkiran, dan disinilah hal menjengkelkan itu berawal, karyawan datang menagih uang bakso yang saya makan dengan istri. WTF!!!!! saya bilang kan udah dibayar sodara, jawab si karyawan "yang dibayar cuma minuman bapak dan ibu aja, baksonya belum", kok bisa mbak, sodara ane tadi kan yang pesan, dimana ada orang nraktir minum aja sementara makan bayar sendiri?????

    Mau tak bikin rame inget istri lagi hamil tua, udah gak punya pikiran sehat tuh karyawan, bener-bener bikin kapok, mana diparkiran diliatin banyak orang, bukan masalah uang 17rb, tapi GAK MIKIR MUKA KAMI DITARUH DIMANA SEBAGAI KONSUMEN!!!!

    BUat pemilik bakso pulosari malang didik tuh karyawan biar bisa jaga perasaan konsumen Anda!

    BalasHapus
  2. kok yang disalahin karyawan bakso-nya?udah konfirmasi belum ma sodaranya, bung? sapa tau aja sodaranya emang bokek (alias ga punya duit?)...(ngakak ane liat komment anda)

    BalasHapus
  3. iya,,,,aneh ni org,,,lha kalau memang belum di bayar ya pasti di tagih...

    BalasHapus
  4. hooh, black campaign iki koyoke, aku wong suroboyo, ojobku wong malang, nang bakso president wes ping satus onok be'e, alhamdulillah ga tau onok masalah i?

    ngomong ae pak lek gak duwe duwek:-)

    BalasHapus
  5. Di Konfirmasi dulu gan sdr ente, baru tulis nich coment .. Biar g ada salah paham gan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Sodara Ente Memang Belom Bayar Bakso nya. hanya bayar minum nya aja! kenapa ga d tanyakan dulu ke Sodaranya? malah koment di mari yg mungkin merugikan usaha si bakso!!
      betul tuh kata bung wisata di malang

      Hapus
  6. wong gendeng , gak duwe diuwik

    BalasHapus
  7. asli black campaign ini, gimana bisa belum bayar. orang abis pesen langsung bayar di kasirnya sebelah haha

    BalasHapus
  8. cv. surya utama logam.

    perusahaan pengecoran logam, sub bengkel pembuatan mesin gilingan bakso, menerima pemesanan mesin gilingan bakso, mulai dari wajan ukuran 60-100 cm, rangka meja mulai dari siku-siku 7×7- 10x10. kwalitas okey dan harga bersaing. hub 0272-551590/ 081 226 396 356

    BalasHapus
  9. Hati hati dalam berkomentar. Terlepas siapa yg salah dan siapa yg benar tetap butuh klarifikasi.
    Anda hanya kehilangan muka (gengsi) satu sisi ada yg bisa kehilangan penghidupan (keluarga pemilik warung) dan karyawan.


    Saya operator jeep bromo www.jeepbromo.info
    sudah lama berlangganan di baso president

    BalasHapus
  10. Bakso president emang mantap, variasinya banyak dan tdk dimiliki warung bakso yang lain.

    Teknis pembeliannya bagus. Calon pembeli ngantri, memilih bakso apa saja yang ingin dibeli, sudah ada informasi harganya, bayar bisa tunai atau kartu debit, setelah itu diantar ke meja yang diinginkan.

    Jadi, apakah ada yang tidak fair dengan mekanisme transaksi seperti ini?

    Jika membawa rombongan besar, sebaiknya sambil dipantau terlebih dahulu, apakah parkiran penuh atau longgar, terutama bakso president yang belakang hotel Savana. Jika penuh, bisa pilih dua cabang yang lain yang siap melayani.

    @bang_yuki_java
    Surabaya Malang Bromo Ijen Tour Guide
    SMS/WA +6285232856028

    BalasHapus